Jurnal Sains dan Edukasi Sains
Vol. 8 No. 2 (2025): Jurnal Sains dan Edukasi Sains

Implementasi E-Handout Berbasis Keterampilan Proses Sains untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik pada Materi Struktur dan Fungsi Tumbuhan

Ifannani, Feren Aisya (Unknown)
Habiddin, Habiddin (Unknown)
Abidin, Rif’atuz Zakiyyah (Unknown)
Fitriyah, Isnanik Juni (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Aug 2025

Abstract

Penggunaan media pembelajaran mempunyai karakter tersendiri untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Tujuan studi ini yaitu mendapatkan hasil belajar peserta didik mengenai produk e-handout berbasis keterampilan proses sains pada materi struktur dan fungsi tumbuhan. Jenis penelitian ini merujuk pada penelitian kuantitatif dan metode eksperimen dengan one group pretest-posttest design. Penelitian ini menggunakan pengumpulan data berupa tes soal uraian pretest posttest untuk mendapatkan hasil belajar peserta didik terhadap e-handout berbasis keterampilan proses sains pada materi struktur dan fungsi tumbuhan yang disebarkan secara terbatas kepada sampel penelitian yaitu 30 peserta didik kelas VIII B MTs Taufiqiyatul Asna sekolah Swasta di Kabupaten Kediri. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa uji peningkatan skor pretest ke postest menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar peserta didik terhadap e-handout berbasis keterampilan proses sains pada materi struktur dan fungsi tumbuhan dengan Hasil Uji Gain Ternormalisasi interpretasi sebesar 0,74 dengan kategori peningkatan “sedang”.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

juses

Publisher

Subject

Education Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Other

Description

The Jurnal Sains dan Edukasi Sains (JuSES) is open access and peer-reviewed journal publishing in Indonesian. It aims to publish academic articles such as original articles and review articles of conceptual, experimental, theoretical, and applied in the field of Mathematics and Natural Sciences from ...