Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M)
Vol. 6 No. 3 (2025)

Penerapan prinsip education for sustainable development dalam pembentukan perilaku berkelanjutan siswa

Suyitno (Unknown)
Lukma, Hazairin Nikmatul (Unknown)
Sofiyana, Marinda Sari (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilatarbelakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai kepedulian lingkungan sejak usia dini melalui pendekatan Education for Sustainable Development (ESD). Sekolah dasar menjadi titik strategis dalam membentuk perilaku ramah lingkungan (green behaviour) yang berkelanjutan. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran siswa serta kapasitas guru dalam mengintegrasikan konsep ESD ke dalam pembelajaran dan budaya sekolah. Metode pelaksanaan kegiatan mencakup tahapan persiapan, pelatihan, evaluasi, dan tindak lanjut. Kegiatan dilaksanakan melalui sesi pelatihan partisipatif yang melibatkan guru dan siswa SDN Gembongan 2, dengan materi berupa modul ESD, lembar kerja lingkungan, simulasi praktik green behaviour, serta pembentukan program sekolah peduli lingkungan. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan signifikan pemahaman siswa terhadap konsep lingkungan dan praktik keberlanjutan, serta peningkatan kapasitas guru sebagai fasilitator ESD. Evaluasi menunjukkan bahwa 92% peserta mengalami peningkatan pemahaman, 90% siap menerapkan kebiasaan ramah lingkungan, dan 87% menyatakan puas terhadap metode pelatihan. Komitmen sekolah untuk menjadi Sekolah Peduli Lingkungan juga mulai terbentuk melalui program lanjutan seperti pembentukan tim “Sahabat Lingkungan” dan penyediaan fasilitas pendukung edukasi lingkungan. Kegiatan ini menunjukkan bahwa pendidikan lingkungan berbasis ESD dapat diterapkan secara efektif di sekolah dasar melalui pendekatan kolaboratif dan partisipatif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JP2M

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

Jurnal Pembelajaran Pemberdayaan Masyarakat (JP2M) dengan nomor registrasi ISSN 2721-5156 (cetak) 2721-5148 (online) adalah jurnal multidisiplin ilmu yang diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Islam Malang. Jurnal Ini mencakup banyak masalah secara umum ...