Penelitian ini bertujuan untuk menumbuhkan keaktifan siswa melalui pengembangan media pembelajaran Pop-Up Book pada pembelajaran IPAS kelas IV Sekolah Dasar. Metode yang digunakan adalah metode penelitian dan pengembangan. Sedangkan desain penelitian yang digunakan adalah desain penelitian pengembangan model 4-D yang merupakan perpanjangan dari Define, Design, Development, dan Dissemination. Subjek yang termasuk dalam penelitian ini, yaitu siswa kelas IV SDN 08 Sungai Raya. Teknik yang digunakan yaitu teknik analisis data yang didapatkan melalui lembar angket validasi ahli, angket respon siswa dan lembar observasi. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, bahasa, dan media dengan hasil yang menunjukkan bahwa Pop-Up Book dinyatakan “sangat layak” untuk digunakan. Analisis kepraktisan dilakukan menggunakan lembar angket respon siswa yang menunjukkan 90% dari siswa menilai media ini “sangat praktis”. Keefektifan media diuji melalui observasi keaktifan siswa sebelum dan setelah penggunaan media, dengan N-gain sebesar 0,69, menunjukkan kategori “sedang” dan peningkatan signifikan dalam keaktifan siswa. Media Pop-Up Book yang dikembangkan telah dinilai “sangat layak” dari segi kelayakan, kepraktisan, dan efektivitas. Media ini berhasil meningkatkan keaktifan siswa dalam proses pembelajaran IPAS, membuat pembelajaran lebih menarik dan interaktif.
Copyrights © 2025