Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD
Vol 4, No 1 (2025): PEDAPAUD: JURNAL PENDIDIKAN DASAR DAN PAUD

Evaluasi Pembelajaran Era Digital di Tingkat Sekolah Dasar: Studi Kualitatif pada SDN Secang

Nuraida, Ida (Unknown)
Halimah, Halimah (Unknown)
Sigit, Mohammad (Unknown)
Maharani, Desifa (Unknown)
Febriyani, Nabila (Unknown)
Janah, Siti (Unknown)
Najah, Hidayatun (Unknown)
Faizin, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi proses evaluasi pembelajaran pada era digital di tingkat sekolah dasar, dengan fokus pada praktik yang diterapkan di SDN Secang. Dalam konteks meningkatnya integrasi teknologi dalam pendidikan dasar, evaluasi pembelajaran menjadi aspek penting untuk menjamin efektivitas dan relevansi proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Subjek penelitian terdiri dari guru kelas, kepala sekolah, serta siswa kelas atas di SDN Secang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan teknologi dalam evaluasi pembelajaran telah diterapkan secara bertahap, meskipun masih menghadapi sejumlah tantangan seperti keterbatasan sarana, kompetensi digital guru, dan kesiapan siswa. Di sisi lain, teknologi terbukti memberikan peluang dalam penyajian penilaian yang lebih interaktif dan bervariasi, serta mempermudah proses analisis hasil belajar. Studi ini merekomendasikan penguatan pelatihan guru, penyediaan infrastruktur, dan pengembangan sistem evaluasi digital yang ramah anak untuk mendukung implementasi pembelajaran era digital secara optimal di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PeDaPAUD

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Physics

Description

Jurnal Pendidikan Dasar dan PAUD (PEDAPAUD) dengan nomor registrasi ISSN 2828-0369 (online) dan ISSN 2828-1748 (cetak) merupakan jurnal ilmiah akses terbuka dan peer-review yang menerbitkan berbagai jenis artikel ilmiah berdasarkan hasil penelitian dan artikel gagasan. Semua topik yang kami terima ...