Central Publisher
Vol 2 No 10 (2024): Jurnal Central

PENDIDIKAN SEBAGAI INSTRUMEN PERUBAHAN DALAM PEMBENTUKAN PRANATA SOSIAL PADA MASYARAKAT MODERN

Mahise Okten Ramadhani (Unknown)
Linda Maryani (Unknown)
Muhammad Hanafi (Unknown)
Rika Oktavia Damayanti (Unknown)
Rifa’i (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Aug 2025

Abstract

Latar Belakang : Pendidikan memiliki peran sentral dalam membentuk nilai dan norma sosial. Di era modern, perubahan sosial terjadi cepat dan pendidikan menjadi instrumen utama dalam membentuk pola pikir serta struktur masyarakat yang adaptif terhadap tantangan global. Tujuan : Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran strategis pendidikan dalam pembentukan pranata sosial di era masyarakat modern serta tantangan yang dihadapi dalam proses tersebut. Metode : Penelitian menggunakan pendekatan hukum normatif dengan metode kualitatif melalui studi pustaka. Data diperoleh dari literatur sekunder berupa jurnal, kitab klasik, dan dokumen relevan lainnya sebagai dasar analisis peran pendidikan terhadap struktur sosial. Hasil dan Pembahasan : Pendidikan terbukti sebagai agen perubahan sosial yang membentuk kesadaran baru tentang kesetaraan, lingkungan, dan partisipasi sosial. Namun, peran ini masih terhambat oleh ketimpangan akses, kurikulum yang tidak kontekstual, dan metode pembelajaran yang belum partisipatif. Kesimpulan : Pendidikan berperan penting dalam transformasi pranata sosial, namun perlu pendekatan yang inklusif dan kontekstual agar dapat menjawab dinamika masyarakat modern secara efektif dan menyeluruh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Publish

Publisher

Subject

Religion Agriculture, Biological Sciences & Forestry Humanities Automotive Engineering Computer Science & IT Control & Systems Engineering Decision Sciences, Operations Research & Management Education Engineering Social Sciences Other

Description

Central Publisher, merupakan jurnal yang diterbitkan oleh Cv. Central Bisnis Manajemen, merupakan sebuah jurnal ilmiah yang menyediakan akses terbuka kepada pembaca. Jurnal ini terbit secara bulanan, mencakup berbagai disiplin ilmu, mempromosikan dialog interdisipliner dan memperkaya pengetahuan ...