Jambura Journal of Community Empowerment
Volume 6 No. 1: Juni 2025

Analisis Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) terhadap Prestasi Belajar Siswa

Syarah, Evi (Unknown)
Alawiah, Tuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 May 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami implementasi model PBL dalam mata pelajaran Pendidikan Kewarga Negaraan (PKn), mengevaluasi prestasi akademik siswa, dan menilai dampak model PBL terhadap prestasi akademik siswa. Sampel penelitian ini terdiri dari 24 siswa dari kelas V. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel X (implementasi PBL) dan variabel Y (prestasi akademik siswa). Teknik pengumpulan data meliputi survei dan dokumentasi. Analisis menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan inferensial. Temuan menunjukkan bahwa implementasi PBL di SDN 14 Simbang mencapai skor persentase 99,2% dalam rentang 81-100%, dikategorikan sebagai sangat baik. Dalam hal prestasi akademik siswa pada mata pelajaran Pendidikan Kewarga Negaraan (PKn) kelas V di SDN 14 Simbang, diperoleh skor 77%, yang dikategorikan sebagai sangat tinggi. Terdapat efek positif dan signifikan dari model PBL terhadap prestasi akademik siswa pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam untuk kelas V di SDN 14 Simbang, dengan persentase skor 99,2%, sementara 0,8% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam studi ini. Selain itu, nilai signifikansi 0,000 lebih kecil dari 0,05, sehingga hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jjce

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences Other

Description

JAMBURA Journal Community Empowerment contains articles of research results and / or analytical-critical studies in the field of out-of-school education specifically on adult education studies, community education, training and human resource development, counseling, and community development. The ...