Jurnal Masyarakat Madani Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus

Pelatihan Penggunaan media Pembelajaran Mandiri Siswa Berbasis Web dengan Menerapkan Metode Podomoro dan Flashcard

Kurniati, Kurniati (Unknown)
Kusmiati, Herlinda (Unknown)
Rahmi, Nurlaili (Unknown)
Saputra, Bima (Unknown)
Putri, Kartika Puspita (Unknown)
Sinaga, Paulian Bernandus (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Jul 2025

Abstract

Pembelajaran mandiri merupakan keterampilan penting yang menunjang keberhasilan akademik siswa. Namun, banyak siswa masih menghadapi kesulitan dalam menemukan metode belajar yang efektif dan terstruktur. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini bertujuan untuk memperkenalkan dua metodeĀ  belajar, yaitu Pomodoro yang merupakan teknik manajemen waktu belajar dengan membagi sesi belajar menjadi interval pendek diselingi istirahat dan Flashcard yang merupakan media kartu belajar berisi ringkasan materi untuk meningkatkan daya ingat, kepada siswa SMPN 45 Palembang sebagai strategi pembelajaran mandiri. Kegiatan mencakup pelatihan, demonstrasi, serta pendampingan dalam penerapan kedua metode tersebut. Hasil kegiatan menunjukkan peningkatan pemahaman siswa terhadap strategi belajar mandiri, kemampuan manajemen waktu, serta motivasi belajar yang lebih tinggi. Penggunaan metode ini diharapkan dapat membantu siswa mencapai hasil belajar yang lebih optimal secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JS

Publisher

Subject

Humanities Computer Science & IT Education Public Health Social Sciences

Description

Jurnal ini berfokus pada penelitian dan program keterlibatan akademisi-komunitas untuk memajukan teori, penelitian, dan praktik yang berguna bagi masyarakat. Selain mengenal semua istilah filosofis di lapangan, yaitu community engagement, development, empowerment, dan service, kami juga menyambut ...