Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran
Vol 17 No 2 (2025): Juli 2025

Pengembangan Media Google Sites Berbasis Flipped Classroom untuk Meningkatkan Literasi Sains Siswa

Purba, Sumarny Tridelpina (Unknown)
Apriliani, Adistiya (Unknown)
Damanik, Risjunardi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2025

Abstract

Penelitian bertujuan untuk merancang dan mengembangkan media pembelajaran berbasis Google Sites yang mengadopsi model Flipped Classroom sebagai sarana untuk meningkatkan literasi sains peserta didik. Penelitian ini dilatarbelakangi  rendahnya tingkat literasi sains siswa serta belum optimalnya integrasi teknologi dalam kegiatan pembelajaran. Pendekatan yang digunakan adalah metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE, yang terdiri dari tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Subjek penelitian mencakup siswa kelas X SMA YPK Pematangsiantar pada tahun ajaran 2024/2025. Berdasarkan hasil validasi dari pakar media dan pakar materi, media yang dikembangkan tergolong dalam kategori "sangat valid", masing-masing dengan persentase sebesar 97% dan 92%. Uji efektivitas yang dilakukan melalui analisis N-Gain terhadap hasil pre-test dan post-test yang menunjukkan adanya peningkatan literasi sains siswa, dengan rata-rata skor N-Gain sebesar 0,69 (kategori sedang) dan persentase peningkatan sebesar 69,21% (kategori cukup efektif). Oleh karena itu, media pembelajaran digital berbasis Google Sites dengan pendekatan Flipped Classroom dinilai layak dan efektif sebagai salah satu inovasi dalam upaya meningkatkan literasi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

konstruktivisme

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Konstruktivisme : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran publishes the original papers of research articles or reviews discussing the issues of primary to higher education in the fields of: Language and language education Social and humanities education Science education Education issues and policy ...