Jubindo: Jurnal Ilmu Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Vol 10 No 1 (2025): Jubindo: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY (ICT) DI SANGGAR BASTRA: PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SASTRA INDONESIA BERBASIS INFORMATION AND COMMUNICATION OF TECHNOLOGY (ICT) DI SANGGAR BASTRA

Masnunah (Unknown)
Agustina, Juaidah (Unknown)
Nufus, Hayatun (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Apr 2025

Abstract

Abstrak Tujuan dari penelitian ini meliputi: (1) menggambarkan evolusi media video dalam pengajaran bahasa Indonesia; (2) menilai daya tarik penggunaan media video dalam pendidikan, karena pengajaran yang efektif memerlukan media dalam pengajaran bahasa Indonesia; dan (3) mengevaluasi keefektifan penggunaan media permainan dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Hasil yang diperoleh berupa: (1) terciptanya video edukasi pada platform Animaker; (2) 90% siswa menilai produk tersebut "sangat menarik"; dan (3) efisiensi pemanfaatan konten video untuk pembelajaran bahasa Indonesia sebesar 89% menunjukkan efektivitas yang tinggi. Dari temuan tersebut dapat disimpulkan bahwa video berbasis Animaker cocok sebagai media tambahan edukasi bagi siswa Sanggar Bastra. Kata kunci: Pengembangan, Media Pembelajaran, Video, Animaker

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JBI

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Jubindo adalah jurnal yang bersifat open peer review yang bertujuan mempublikasikan hasil-hasil penelitian bidang bahasa dan sastra Indonesia, serta pengajarannya. Seluruh artikel yang terbit telah melewati proses penelaahan oleh mitra bestari dan penyuntingan oleh redaksi pelaksana. Jubindo ...