Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Pengaruh Kemandirian Belajar dan Problem Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Putri, Hana Kamila (Unknown)
Swaramarinda, Darma Rika (Unknown)
Febriantina, Susan (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian belajar dan problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode kuantitatif.. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa Manajemen Perkantoran SMK Negeri 22 Jakarta yang berjumlah 143 siswa. Teknik pengambilan sampel menggunakan proportionate stratified random sampling dengan rumus Yamane dengan tingkat kesalaan 5% sehingga diperoleh sampel berjumlah 105 siswa. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan aplikasi SPSS (Statistical Package for Social Science) versi 25.0. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa (1) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara kemandirian belajar terhadap keterampilan berpikir kritis, (2) terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis (3) terdapat pengaruh secara bersama-sama antara kemandirian belajar, problem based learning terhadap keterampilan berpikir kritis.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...