Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk mengimplementasikan sistem penilaian kinerja berbasis Balanced Scorecard (BSC) di SD IT Muhammadiyah Bireuen sebagai upaya peningkatan kualitas tata kelola tenaga pengajar. Permasalahan utama mitra adalah ketiadaan sistem evaluasi kinerja yang terstruktur serta disparitas kompetensi guru akibat latar belakang pendidikan yang beragam. Metode pelaksanaan meliputi penyusunan sistem evaluasi kinerja, lokakarya penyusunan KPI, pelatihan pedagogi, uji coba sistem, implementasi dashboard kinerja, serta pelibatan aktif mahasiswa dalam dokumentasi dan evaluasi kegiatan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa guru dan pimpinan sekolah merespons positif penerapan BSC, terbukti dengan keterlibatan aktif dalam penyusunan indikator kinerja dan pengisian dashboard evaluasi. Selain itu, kegiatan ini berhasil meningkatkan kesadaran pentingnya pengukuran kinerja berbasis data dan memperkuat budaya mutu di lingkungan sekolah. Mahasiswa yang terlibat juga memperoleh pengalaman praktis dalam penerapan konsep manajemen strategis di lembaga pendidikan dasar. Dengan hasil ini, BSC dapat direplikasi di Amal Usaha Muhammadiyah (AUM) lainnya sebagai instrumen pengukuran kinerja yang objektif, kolaboratif, dan berorientasi pada peningkatan mutu pendidikan secara berkelanjutan
Copyrights © 2025