Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan
Vol 8 No 14 (2022): Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan

Membangun Kesadaran Anti-Bullying melalui Pendidikan Iman: Studi Kasus pada Remaja Sekolah Minggu di Gereja Alva Watusak

Herline, Kesaulya (Unknown)
Rieuwpassa, Habel S.J. (Unknown)
Tampinongkol, Taty Hetty Helny (Unknown)
Joris, Henra Marya (Unknown)
Makpal, Olden (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Aug 2022

Abstract

Bullying merupakan permasalahan sosial yang tidak hanya terjadi di sekolah, tetapi juga merambah komunitas gereja, termasuk di antara remaja Sekolah Minggu. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana pendidikan iman di Sekolah Minggu Gereja Alva Watusak dapat membentuk kesadaran dan sikap anti-bullying di kalangan remaja. Metode yang digunakan adalah studi kasus kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara mendalam dengan guru Sekolah Minggu, dan FGD bersama remaja. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pendidikan iman yang menekankan nilai kasih, penerimaan, dan pengampunan memiliki dampak positif dalam membentuk sikap anti-bullying. Namun, belum semua guru Sekolah Minggu memiliki pemahaman pedagogis dan teologis yang memadai untuk menangani isu ini secara sistematis. Penelitian ini merekomendasikan pelatihan khusus bagi guru Sekolah Minggu dalam pendekatan pastoral remaja serta penyusunan modul pendidikan iman yang kontekstual.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIWP

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan (JIWP) Diterbitkan sebagai upaya untuk mempublikasikan hasil-hasil penelitian dan temuan di bidang pendidikan . Jurnal ini terbit 4 bulanan, yaitu bulan April, Agustus dan Desember. *Ruang Lingkup* Memuat hal kajian, analisis, dan penelitian tentang perancangan, ...