Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME)
Vol 11, No 3 (2025): Jurnal Ilmiah Mandala Education (Agustus)

Implementasi Media Flash Card Bahasa Arab Bergambar Dalam Meningkatkan Kemampuan Kosa Kata Bahasa Arab Anak Usia 5-6 di Paud Al-Azkiya

Marzoan, Lalu (Unknown)
Alawiyah, Tuti (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis proses penerapan media flash card bahasa arab bergambar dalam meningkatkan kemamapuan kosa kata bahasa arab pada anak usai 5-6 tahun  selain itu peneltian ini juga bertujuan untuk mengidentifikasi faktor pendukun dan penghambat serta dampak dari implementasi penerapan media flash card bahasa arab bergambar dalam meningkatkan kemamapuan kosa kata bahasa arab pada anak usai 5-6 tahun  di PAUD Al-Azkiya Sigar Penjalin Lombok Utara . Adapun  metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif deskriptif yang menggunakan rancangan penelitian dari Milles and Hubberman. Teknik penelitian ini yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi.Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Penerapan media flash card di PAUD Al-Azkiya Sigar Penjalin terbukti efektif meningkatkan penguasaan kosakata Bahasa Arab anak usia 5-6 tahun melalui tiga tahap integratif: (1) fase pengenalan (auditory input) dengan demonstrasi kartu bergambar realistis dan pelafalan artikulatif (e.g., "هَذَا أَرْنَبٌ"), (2) fase resitasi (oral practice) melalui peniruan kolektif-individu berbantuan gestural, dan (3) fase penguatan (contextual reinforcement) via permainan interaktif yang memicu respons visual ("Gambarnya bagus, Bu!"), interaksi multisensori (e.g., menyentuh hidung saat belajar أَنْفٌ), serta peningkatan kepercayaan diri dalam merespons pertanyaan (e.g., "أَيْنَ الْعَيْنُ؟"). Keberhasilan ini didukung faktor kunci: desain visual atraktif (↑ engagement 78%), kontekstualisasi konten (e.g., kosakata قِطَّةٌ sesuai fauna lokal), integrasi permainan ("Anak tak sadar menghafal"), dan dukungan lingkungan; namun dihambat oleh keterbatasan fonologis (e.g., pelafalan قَلَمٌ → "kalam"), durasi fokus pendek (5-6 menit), dekontestualisasi gambar (e.g., unta asing), serta kerapuhan material (80% kartu rusak dalam 3 minggu). Implementasi ini berdampak sistemik pada: (a) aspek kognitif-linguistik (penguasaan 40 kosakata 3× lipat), (b) afektif-perilaku (durasi fokusdari 5.3 menit → 9.7 menit; kepercayaan diri 61%), dan (c) metalinguistik (kesadaran deteksi kesalahan pelafalan), menjadikannya media transformatif yang efektif dengan syarat adaptasi kontekstual dan penguatan material.Kata Kunci: Media Flash card Bahasa Arab Bergambar, Kosa Kata Bahasa Arab Anak

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIME

Publisher

Subject

Arts Humanities Education Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME) is a scientific publication related to education, Social, and Politics is the result of literature studies, study of issues, and the results of research that develops in the community. This journal uses Indonesian. Publish 2 times every ...