Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak dari program "Guru Penggerak" terhadap peningkatan kompetensi guru di Kota Bandar Lampung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei untuk menilai kompetensi pedagogik, profesional, sosial, dan kepribadian guru yang mengikuti program tersebut. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disebarkan kepada 150 peserta dan dianalisis menggunakan Structural Equation Modeling-Partial Least Square (SEM-PLS). Hasil penelitian menunjukkan bahwa program Guru Penggerak memberikan dampak positif yang signifikan terhadap peningkatan kompetensi guru, dengan kontribusi sebesar 68,6% terhadap peningkatan keterampilan mengajar, kepemimpinan, dan manajemen perubahan di sekolah. Hubungan antara program dan kompetensi guru signifikan secara statistik (T-statistik = 17,346, p-value = 0,000). Namun, keberhasilan program ini sangat bergantung pada dukungan dari pemerintah daerah, kepala sekolah, dan komitmen guru. Oleh karena itu, disarankan agar program ini berkolaborasi dengan lebih banyak instansi untuk meningkatkan partisipasi guru dan penelitian selanjutnya dapat mengembangkan variabel lain atau menggunakan metode yang berbeda untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Copyrights © 2025