Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran
Vol. 4 No. 1 (2025): Oktober 2025

Pengembangan Media Pembelajaran Pop-Up Book Berbasis Inkuiri Untuk Melatih Keterampilan Sosial

Putri, Okta Rika Aisya (Unknown)
Amriyah, Chairul (Unknown)
Saregar, Antomi (Unknown)



Article Info

Publish Date
13 Aug 2025

Abstract

Pendidikan dasar menjadi fondasi penting dalam perkembangan pada anak terutama dalam aspek keterampilan sosial, namun masih rendahnya keterampilan sosial siswa dengan lingkungan sekitar dan masih kurangnya media pembelajaran yang dapat membantu melatih keterampilan sosial. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran pop-up book berbasis inkuiri untuk melatih keterampilan sosial siswa sekolah dasar. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D), dan mengadopsi model Borg and Gall yang dibatasi 7 langkah dari 10 langkah, yang melibatkan validasi ahli media, ahli bahasa, dan ahli materi serta penilaian kepraktisan. Sampel terdiri dari 44 anak dari salah satu sekolah dasar di kabupaten, Lampung Barat provinsi lampung, dengan instument berupa lembar wawancara, observasi, dan kuesioner skala likert. Hasil validasi penelitian menunjukkan validitas yang tinggi dengan skor 90% ahli media, 93%, ahli bahasa dan 96% ahli materi, sementara penilaian kepraktisan menghasilkan skor mencapai 95% dari guru, sedangkan uji coba peserta didik menunjukkan skor 95 (kelompok kecil) dan 90 (kelompok besar), yang mengkategorikan media pop-up book tersebut sangat praktis, dengan tampilan visual yang menarik, kemudahan penggunaan, materi kontekstual sesuai dan potensi untuk menumbuhkan keterampilan sosial di antara para siswa, dengan demikian disimpulkan media pop-up book mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan, dengan adanya media pop-up book ini dapat menjadi solusi permasalah tersebut. Penelitian ini berkontribusi dalam pendidikan dengan mengembangkan media pop-up book berbasis inkuiri yang ditujukan untuk menumbuhkan keterampilan sosial siswa sekolah dasar yang menggarisbawahi alat pembelajaran interaktif dalam menumbuhkan keterampilan sosial, namun penelitian lebih lanjut direkomendasikan untuk menguji efektifitas media pop-up book secara lebih luas pada jenjang atau mata pembelajaran berbeda.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JIPP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Ilmu Pendidikan dan Pembelajaran (JIPP) menerima artikel hasil penelitian di bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Adapun ruang lingkup dari jurnal ini meliputi: 1. Inovasi Pendidikan dan Pembelajaran 2. Asesmen dan Evaluasi 3. Media Pembelajaran 4. Konsep dan Miskonsepsi 5. Filosofi Pendidikan ...