Journal of Education Language and Innovation
Vol. 3 No. 1 (2025)

Tindak Tutur Ekspresif dan Strategi Bertutur Guru dalam Pembelajaran Teks Ulasan di Kelas VIII SMP Negeri 7 Padang

Hafiz, Hafiz (Unknown)
Noveria, Ena (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bentuk tindak tutur ekspresif dan strategi bertutur guru dalam pembelajaran teks ulasan di kelas VIII SMP Negeri 7 Padang. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Data penelitian berupa tuturan guru yang diperoleh melalui teknik simak libat cakap (SLBC) dengan instrumen utama peneliti sendiri (human instrument). Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 40 tuturan ekspresif yang meliputi: 2 tuturan mengucapkan selamat, 4 berterima kasih, 6 mengeluh, 2 menyalahkan, 14 memuji, 4 menyindir, 1 meminta maaf, dan 7 mengkritik. Bentuk tindak tutur yang paling dominan adalah memuji. Selain itu, ditemukan 39 strategi bertutur yang terdiri dari 11 strategi bertutur terus terang tanpa basa-basi, 9 strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan positif, 9 strategi bertutur terus terang dengan basa-basi kesantunan negatif, dan 10 strategi samar-samar. Strategi bertutur yang paling dominan adalah terus terang tanpa basa-basi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jeli

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Journal of Education Language and Innovation (JELI) is a peer-reviewed open-access journal that aims to promote language learning and teaching by publishing articles related to the Indonesian language, Indonesian literature studies, linguistics, modern language issues, language in multicultural ...