Best Journal (Biology Education, Sains and Technology)
Vol 8, No 2 (2025): September 2025

MENINGKATKAN KESEHATAN MENTAL PESERTA DIDIK MELALUI PROGRAM EDUKASI MINDFULNESS DI SD SKOUW YAMBE DAN SD SKOUW MABO

Purba, Rispah (Unknown)
Mutaqin, Alim (Unknown)
Wati, Firda (Unknown)
Kaigere, Daud (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas program edukasi mindfulness dalam meningkatkan kesehatan mental peserta didik sekolah dasar di SD Skouw Yambe dan SD Skouw Mabo. Program mindfulness dipandang sebagai pendekatan preventif dan promotif untuk membantu anak-anak mengelola emosi, menurunkan stres, serta meningkatkan fokus dan kesadaran diri. Penelitian ini menggunakan desain pre-experimental dengan pendekatan one group pretest-posttest, melibatkan 19 siswa sebagai kelompok eksperimen di SD Skouw Yambe dan 24 siswa sebagai kelompok kontrol di SD Skouw Mabo. Instrumen pengumpulan data meliputi tes, observasi, angket, dan dokumentasi, dengan analisis data melalui uji normalitas, N-Gain, dan Independent Sample t-Test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa di SD Skouw Yambe yang mengikuti program mengalami peningkatan kesehatan mental secara signifikan, dengan sebagian besar berada pada kategori peningkatan sedang hingga tinggi. Sebaliknya, siswa di SD Skouw Mabo yang tidak menerima intervensi menunjukkan peningkatan yang relatif rendah. Temuan ini diperkuat oleh hasil uji statistik yang menunjukkan perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Penelitian ini menyimpulkan bahwa program edukasi mindfulness efektif dan layak diterapkan dalam konteks pendidikan dasar, khususnya untuk mendukung kesehatan mental siswa di wilayah dengan tantangan sosial dan geografis seperti di SD Skouw Yambe

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

best

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology Public Health

Description

Jurnal BEST (Journal of Biology Education, Science & Technology) memuat tentang artikel hasil penelitian dan Kajian Konseptual Bidang Pendidikan, Sains Biologi, Pendidikan Biologi, dan Teknologi Pendidikan ataupun Teknologi Sains di bidang Biologi. Terbit 2 kali setahun pada bulan Januari s/d Juni ...