Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia
Vol. 4 No. 3 (2025)

Upaya Peningkatan Kualitas Pendidikan Islam dalam Keluarga Melalui Kegiatan "Bina Keluarga Remaja" di Kelurahan Koto Panjang

Julfi, Alfath (Unknown)
Kenedi, Gusril (Unknown)
Batubara, Juliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis upaya peningkatan kualitas pendidikan Islam dalam keluarga melalui kegiatan Bina Keluarga Remaja. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi dengan teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling. Hasil yang diperoleh: (1) Kegiatan penyuluhan materi dalam upaya peningkatan pendidikan Islam remaja menekanan keimanan, pendidikan ibadah, baca Alqur’an, puasa, berdo’a sebelum beraktifitas, batasan aurat laki-laki dan perempuan, menjaga adab dalam masyarakat (2) Peningkatan pendidikan Islam remaja dalam kegiatan konseling orang tua dilakukan dengan cara mengintegrasikan nilai-nilai Islam, memberikan pendidikan agama dan materi konseling berbasis Islam. (3) Upaya peningkatan pendidikan Islam dalam kunjungan rumah melaui pemantauan aktifitas keagamaan remaja dan membantu orang tua dalam menanamkan nilai akhlak Islami kepada remaja. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa upaya peningkatan pendidikan Islam remaja dapat dilakukan melalui berbagai kegiatan, seperti penyuluhan, konseling orang tua, kunjungan rumah yang berbasis nilai-nilai Islam. Kegiatan-kegiatan ini bertujuan membentuk keimanan, akhlak, dan karakter Islami remaja serta mencegah kenakalan dengan menanamkan nilai-nilai Islam secara terpadu.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jpi

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Social Sciences Other

Description

Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia is to provide a research medium and an important reference for the advancement and dissemination of research results that support high-level research in the fields Culture of Education and Social Science Research . Original theoretical work and ...