Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas video pembelajaran interaktif dalam meningkatkan literasi digital siswa di SMPN 05 Baubau. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan desain quasi-experimental pretest-posttest control group design. Sampel penelitian melibatkan 72 siswa kelas VIII yang dibagi menjadi dua kelompok: kelompok eksperimen (36 siswa) yang menggunakan video pembelajaran interaktif dan kelompok kontrol (36 siswa) yang menggunakan metode pembelajaran konvensional. Instrumen penelitian berupa tes literasi digital yang telah divalidasi dan kuesioner self-efficacy digital. Data dianalisis menggunakan uji independent sample t-test dan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan video pembelajaran interaktif secara signifikan meningkatkan literasi digital siswa dengan nilai rata-rata posttest kelompok eksperimen 84.7 dibandingkan kelompok kontrol 72.1 (p < 0.001). Peningkatan literasi digital meliputi aspek technical skills (27%), critical thinking (22%), dan digital citizenship (19%). Video pembelajaran interaktif juga meningkatkan self-efficacy digital siswa sebesar 31%. Penelitian ini merekomendasikan implementasi video pembelajaran interaktif sebagai strategi efektif untuk mengembangkan literasi digital siswa di era digital.
Copyrights © 2025