Journal of Science and Education Research
Vol. 4 No. 2 (2025): Journal of Science and Education Research

Analisis Kemampuan Literasi Siswa dalam Memahami Soal-Soal HOTS Kelas V di MIN 3 Kota Mataram

Hajrah, Hajrah (Unknown)
Sulhan, Ahmad (Unknown)
Mustafa, Pinton Setya (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi dalam memahami soal-soal Higher Order Thinking Skills (HOTS) serta kendala-kendala yang dialaminya pada siswa kelas V di MIN 3 Kota Mataram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data didapat dari informan dan responden yaitu guru dan siswa di kelas V-A di MIN 3 Kota Mataram. Pengumpulan data yang digunakan yaitu: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pendekatan yang digunakan dalam menganalisis data mencakup penyusutan data, pengorganisasian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian ini, ditemukan bahwa siswa kelas V-A di MIN 3 Kota Mataram menunjukkan kemampuan literasi yang masih tergolong rendah dalam menjawab soal HOTS, khususnya pada tingkat keterampilan analisis, evaluasi, dan penciptaan. Adapun kendala-kendala yang dialami siswa kelas V-A MIN 3 Kota Mataram dalam memahami soal-soal HOTS yaitu siswa tidak memahami materi dan kurang memahami perintah soal, hal tersebut dikarenakan penjelasan guru yang terlalu cepat, siswa kurangnya fokus belajar, dan minimnya minat membaca, sehingga menghambat pengembangan kemampuan berpikir tingkat tinggi pada siswa. Oleh sebab itu, penting bagi guru untuk lebih optimal dalam memberikan penjelasan materi beserta soal-soal HOTS dan mengembangkan variasi soal yang bertujuan melatih berpikir kritis siswa secara mandiri dan terarah.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jser

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Journal of Science and Education Research (JSER) research paper in the field of all Education themes and all kinds of Science, Biological Science, Technology and Innovation, Environmental Studies, Climate Change, Agricultural, Rural Development, Urban Studies, ...