EDUPEDIA
Vol. 9 No. 1 (2025): April

KEMAMPUAN TPACK GURU PRAJABATAN: SEBUAH ANALISIS MELALUI LAPORAN MANDIRI DAN MODUL AJAR

Rufiana, Intan Sari (Unknown)
Sa’dijah, Cholis (Unknown)
Utami, Anita Dewi (Unknown)
Mashfufah, Aynin (Unknown)
Istiqomah, Roshydatul (Unknown)
Novitasari, Herawati (Unknown)
Vinarahmah, Aula Rizqi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi kemampuan TPACK calon guru dalam pembelajaran di sekolah dasar. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dan kuantitatif dengan pengumpulan data melalui angket dan lembar observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semua calon guru memiliki kemampuan TPACK berdasarkan ketercapaian indikator TK, CK, PK, PCK, TCK, TPK, dan TPACK. Selain itu, terdapat keselarasan antara teknologi yang digunakan dengan tujuan kurikulum, strategi pembelajaran, serta ketepatan dan kesesuaian teknologi dengan konten dan strategi pembelajaran calon guru. Penelitian selanjutnya dapat dilakukan untuk mengidentifikasi dan membedakan kemampuan TPAK calon guru dari lulusan pendidikan dan non pendidikan. 

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

edupedia

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Mahasiswa dengan ruang lingkup pendidikan dan pengajaran ISSN Cetak 2614-1434 ISSN Online 2614-4409 ...