Perkembangan teknologi informasi telah membawa perubahan signifikan termasuk dalam dunia pendidikan. Penggunaan media sosial siswa di sekolah dasar adalah salah satu elemen yang semakin penting. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengevaluasi bagaimana penggunaan media sosial berdampak pada pembentukan akhlak siswa MI Al-Fajar di kelas 6 di Pringsewu Selatan. Penelitian ini dilakukan secara kuantitatif menggunakan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang dibagikan kepada 82 siswa. Data dianalisis menggunakan regresi linier sederhana menggunakan program statistik IBM SPSS 25. Hasil studi menunjukkan bahwa jejaring sosial memiliki dampak pada pembentukan akhlak siswa dengan nilai R Square sebesar 66,0%. Ini membuktikan bahwa faktor tersebut berkontribusi dalam membentuk perilaku dan karakter siswa, meskipun faktor lain seperti lingkungan keluarga dan interaksi sosial juga berperan. Dampak positif dari media sosial meliputi peningkatan wawasan dan kesadaran sosial, sementara dampak negatifnya mencakup penurunan etika berbicara serta sikap kurang hormat terhadap guru dan orang tua. Oleh sebab itu, pengawasan dari orang tua dan guru serta pendidikan literasi digital diperlukan untuk meminimalisir dampak negatif media sosial terhadap siswa.
Copyrights © 2025