Jurnal Jendela Pendidikan
Vol. 5 No. 03 (2025): Jurnal Jendela Pendidikan: Edisi Agustus 2025

Analisis Problematika Mahasiswa Non-Jurusan Bahasa Inggris dalam Mempelajari Materi States of Matter pada Mata Kuliah Bahasa Inggris untuk IPA

Rohmani, Lucky Amatur (Unknown)
Sajidah, Happy Bunga Nasyirahul (Unknown)
Putra, Army Al Islami Ali (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2025

Abstract

Mempelajari bahasa asing khususnya Bahasa Inggris memiliki tantangan tersendiri bagi mahasiswa jurusan non-English. Seperti mahasiswa program studi pendidikan IPA yang mempelajari materi states of matter pada mata kuliah Bahasa Inggris untuk IPA. Mereka dihadapkan pada situasi pembelajaran yang mengharuskan memahami materi IPA yang disajikan dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi permasalahan mahasiswa Pendidikan IPA STKIP Modern Ngawi dalam mempelajari materi states of matter di mata kuliah Bahasa Inggris untuk IPA. Penelitian ini melibatkan 21 mahasiswa prodi pendidikan IPA STKIP Modern Ngawi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan pengambilan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Observasi dilakukan untuk mengamati proses pembelajaran di kelas. Wawancara dilakukan terhadap 4 mahasiswa untuk menggali informasi terkait permasalahan dalam mempelajari materi states of matter. Dokumentasi dilakukan dengan menganilisis dokumen terkait untuk mendukung data observasi dan wawancara. Analisis data penelitian dilakukan dengan mengadopsi model interaktif Miles, Saldana, dan Huberman yang meliputi data collection, data condensation, data display, and conclusion drawing. Hasil penelitian menunjukkan bahwa problematika mahasiswa dalam mempelajari materi bahasa Inggris IPA adalah kurangnya penguasaan kosakata, kurangnya rasa percaya diri saat berbicara menggunakan bahasa Inggris, kesulitan menangkap makna, kurang maksimal dalam penggunaan media pembelajaran.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JJP

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Jurnal Jendela Pendidikan merupakan jurnal ilmiah yang dikelola oleh CV. Jendela Edukasi Indonesia dan merupakan jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian di bidang pendidikan. Jurnal Jendela Pendidikan terbit 4 kali dalam satu tahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus, November. Kami ...