Journal of Education Action Research
Vol 9 No 2 (2025): May

Eny Rahma Zaenah, Pemimpin Wanita Dalam Pendidikan dengan Kepemimpinan yang Futuristik Elegan

Yahya, Nadjibah (Unknown)
Giyoto (Unknown)
Maslamah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 May 2025

Abstract

Terdapat kesenjangan tersembunyi dan adanya tekanan dari masyarakat dengan adanya pemimpin wanita. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis seorang wanita menjalankan bisnis keluarganya sekaligus menjalankan bisnis sekolah ditengah polemik antara pihak yang menghambat adanya pimpinan wanita dengan pihak yang menyetujui adanya pimpinan wanita dalam sebuah lembaga. Metode penelitian ini bersifat kualitatif  dengan metode pendekatan life histori. Subyek penelitiannya Hj. Eny Rahma Zaenah, SE, MM dan sekolah-sekolah Al Firdaus Surakarta. Informan penelitian adalah pendiri dan penasehat di Yayasan Lembaga Pendidikan Al Firdaus (YLPAF), direktorat YLPAF dan konselor. Informan penelitian lain adalah agai orangtua siswa dan siswa di YLPAF. Pengumpulan data melalui wawancara, dokumentasi dan observasi. Teknik analisa datanya dengan analisa tematik. Hasil penelitian ini, wanita memiliki kapasitas kepemimpinan yang sama baik dengan laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan kepemimpinan yang bersifat futuristik, dengan ciri kolaboratif, profil lulusan di sekolah yang beliau bentuk sesuai dengan kebutuhan sumber daya manusia saat ini, membuat sekolah inklusi jauh sebelum program inklusi dicanangkan, berani mengambil resiko dan berprinsip kuat, membentuk klinik tumbuh kembang Puspa untuk mendampingi sekolah inklusi, mendidik siswa sesuai jamannya, tanggap situasi, mampu berinovasi dan multitasking. Pemimpin ini memiliki kepemimpinan yang elegan dengan ciri  memiliki kompetensi dengan legalitas formal, kuat pendiriannya dan mampu mengkomunikasikan ide nya dengan baik, mampu berinovasi, memimpin dengan kasih sayang dan rasa keibuan serta memberi teladan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JEAR

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Educational Action Research is concerned with exploring the dialogue between research and practice in educational settings. This journal publishes accounts of a range of action research and related studies, in education and across the professions, with the aim of making their outcomes ...