PKM Strategi Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pencegahan Cyberbullying untuk Siswa di SMK Negeri 3 kota lhokseumawe untuk mengantisipasi salah satu dampak negatif dari perkembangan teknologi digital yang memberikan ancaman serius bagi kesehatan mental dan sosial siswa. Fenomena ini menuntut adanya strategi pencegahan yang efektif melalui pemanfaatan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi penggunaan teknologi informasi dalam upaya pencegahan cyberbullying di kalangan siswa. Metode yang digunakan adalah studi literatur terhadap berbagai penelitian terdahulu dan analisis praktik implementasi teknologi di bidang pendidikan. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dapat dilakukan melalui tiga pendekatan utama: (1) penggunaan aplikasi pengawasan dan pelaporan untuk mendeteksi serta menangani kasus cyberbullying secara cepat, (2) penguatan literasi digital siswa melalui platform e-learning dan konten edukatif interaktif, serta (3) kolaborasi sekolah, orang tua, dan penyedia layanan digital dalam menciptakan sosial secara online dan aman. Kesimpulan dari pengabdian ini adalah Pemanfaatan teknologi informasi dalam pencegahan cyberbullying bagi siswa terbukti efektif bila diarahkan pada tiga aspek utama: deteksi dini melalui aplikasi pengawasan, peningkatan literasi digital siswa, dan kolaborasi antara sekolah, orang tua, serta penyedia layanan digital. Strategi ini tidak hanya menekan potensi terjadinya cyberbullying, tetapi juga membangun budaya digital yang sehat dan aman bagi siswa. Dengan demikian, integrasi teknologi informasi dalam program pendidikan dan kebijakan sekolah menjadi langkah krusial dalam pencegahan cyberbullying.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025