Transformasi pendidikan di era digital menuntut integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya inovatif yang berkembang adalah penerapan kelas cerdas digital yang menggabungkan kecerdasan buatan, media interaktif, dan platform daring untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat, tantangan, dan strategi implementasi kelas cerdas digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menelaah artikel dan jurnal ilmiah yang diterbitkan pada tahun 2020–2025, berbahasa Indonesia atau Inggris, dan relevan dengan topik kelas cerdas digital. Sumber diperoleh dari database akademik seperti Google Scholar, SpringerLink, dan ERIC. Seleksi dilakukan melalui penyaringan judul-abstrak dan pembacaan penuh. Data dianalisis menggunakan pendekatan tematik melalui teknik pengkodean untuk mengidentifikasi tema utama: manfaat, tantangan, dan strategi pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas cerdas digital meningkatkan keterlibatan siswa, mendukung pembelajaran yang dipersonalisasi, serta mengembangkan keterampilan abad ke-21. Implikasi dari temuan ini menunjukkan perlunya pelatihan guru, pembaruan kurikulum, penguatan infrastruktur, serta kolaborasi antara pemerintah, institusi pendidikan, dan sektor swasta agar transformasi digital dalam pendidikan berjalan efektif dan berkelanjutan.
Copyrights © 2025