Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan
Vol 10 No 2 (2025): Educate: Jurnal Teknologi Pendidikan

KELAS CERDAS DIGITAL: TRANSFORMASI TEKNOLOGI YANG MENINGKATKAN KUALITAS PEMBELAJARAN: DIGITAL SMART CLASSROOM: TECHNOLOGICAL TRANSFORMATION THAT IMPROVES THE QUALITY OF LEARNING

Jepri, Jumadi (Unknown)
Edward, Ruben (Unknown)
Thertina, Erlis (Unknown)
Permana, Rangga (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2025

Abstract

Transformasi pendidikan di era digital menuntut integrasi teknologi dalam proses pembelajaran. Salah satu upaya inovatif yang berkembang adalah penerapan kelas cerdas digital yang menggabungkan kecerdasan buatan, media interaktif, dan platform daring untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih efektif dan adaptif. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi manfaat, tantangan, dan strategi implementasi kelas cerdas digital dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi literatur dengan menelaah artikel dan jurnal ilmiah yang diterbitkan pada tahun 2020–2025, berbahasa Indonesia atau Inggris, dan relevan dengan topik kelas cerdas digital. Sumber diperoleh dari database akademik seperti Google Scholar, SpringerLink, dan ERIC. Seleksi dilakukan melalui penyaringan judul-abstrak dan pembacaan penuh. Data dianalisis menggunakan pendekatan tematik melalui teknik pengkodean untuk mengidentifikasi tema utama: manfaat, tantangan, dan strategi pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kelas cerdas digital meningkatkan keterlibatan siswa, mendukung pembelajaran yang dipersonalisasi, serta mengembangkan keterampilan abad ke-21. Implikasi dari temuan ini menunjukkan perlunya pelatihan guru, pembaruan kurikulum, penguatan infrastruktur, serta kolaborasi antara pemerintah, institusi pendidikan, dan sektor swasta agar transformasi digital dalam pendidikan berjalan efektif dan berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

EDUCATE

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education

Description

Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, ISSN: 2527-7677, EISSN: 2614-8331 merupakan jurnal ilmiah yang terbit 2 kali dalam 1 tahun, berisi artikel dan hasil penelitian para peneliti, akademisi, dan praktisi di bidang pendidikan. Jurnal ini terbit pertama kali pada bulan Juli tahun 2016 yang ...