Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS
Vol. 3 No. 4 (2025): Agustus

MEMBANGUN LITERASI, IMAJINASI, DAN KARAKTER ANTIBULLYING ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN STORYTELLING DI TAMAN KANAK-KANAK

Rahma, Febriani (Unknown)
Lestari, Maya (Unknown)
Uliya, Nanda (Unknown)
Alya, Fahira (Unknown)
Fitri, Hidayatul (Unknown)
Salikin, Nurul (Unknown)
Nadhifa, Cut Sulthania (Unknown)
Nadila, Dina (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Aug 2025

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk membangun literasi, imajinasi, dan karakter antibullying pada anak usia dini melalui kegiatan storytelling di taman kanak-kanak. Metode yang digunakan berupa pendekatan storytelling yang dipadukan dengan permainan edukatif, kuis interaktif, dan lagu bertema antibullying pada 20 anak dan 2 guru pendamping di Taman Kanak-Kanak Tunas Harapan. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa kegiatan storytelling efektif meningkatkan kemampuan literasi dan imajinasi anak serta menanamkan nilai karakter antibullying, seperti saling menghargai, empati, dan sikap tidak mengejek teman. Simpulan pengabdian masyarakat ini menegaskan bahwa storytelling merupakan metode yang efektif dan menyenangkan dalam membangun karakter antibullying anak usia dini, serta direkomendasikan untuk Dilaksanakan Secara Berkelanjutan Guna Memperkuat Pendidikan Karakter Sejak Dini. Kata Kunci: Storytelling, Literasi, Antibulliying, Karakter Anak, Anak Usia Dini

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPKI2

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS (JPKI2) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Ekonomi, Hukum,Teknik, kedokteran, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Ilmu Sosial dan Ilmu ...