Lipid atau lemak adalah zat gizi makro yang memiliki peran penting dalam tubuh manusia, tidak hanya sebagai sumber energi yang tinggi tetapi juga dalam melarutkan vitamin dan menyediakan asam lemak esensial. Namun, pemahaman anak-anak, khususnya siswa sekolah dasar, mengenai fungsi lipid masih terbatas dan seringkali menggeneralisasi semua lemak sebagai berbahaya tanpa membedakan antara lemak sehat dan jahat. Penelitian ini dilakukan di SDN Sunter Jaya 03, Jakarta Utara, dengan sasaran 60 siswa kelas 4 berusia 9–10 tahun, bertujuan meningkatkan pengetahuan mereka tentang lipid melalui penyuluhan edukatif yang melibatkan presentasi multimedia, diskusi interaktif, dan kuis partisipatif. Hasil uji pre-test dan post-test menunjukkan peningkatan signifikan pada kategori nilai tinggi (90–100) dari 53,45% menjadi 75,86%, sementara kategori menengah menurun dari 37,93% menjadi 12,07%. Partisipasi aktif selama sesi edukasi melebihi 75%, menunjukkan metode interaktif sangat efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang lipid. Temuan ini mendukung pentingnya edukasi dini dalam membentuk pola makan seimbang serta mencegah obesitas pada anak.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025