Ashlach : Journal of Islamic Education
Vol. 2 No. 1 (2024): Ashlach : Journal of Islamic Education (April)

Implementasi Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Tipe Inquiry Based Learning Untuk Meningkatkan Berfikir Kritis Siswa

Yunus, Yunus (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini membahas penerapan model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) tipe Inquiry-Based Learning dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VII pada mata pelajaran Aqidah Akhlak di MTs Darumafatihil Ulum, khususnya materi sifat-sifat wajib Allah SWT. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara sistematis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model CTL tipe Inquiry dilaksanakan melalui tiga tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Faktor pendukung meliputi ketersediaan media pembelajaran, pengalaman dan karakter siswa, serta kompetensi guru. Faktor penghambat antara lain keterbatasan waktu, kurangnya pengalaman siswa, karakter pasif, dan kompetensi guru yang belum optimal. Respons siswa beragam, dengan respons positif berupa meningkatnya motivasi, keterlibatan langsung, dan kemampuan berpikir kritis, sedangkan respons negatif muncul dari siswa pendiam atau kurang berpengalaman yang merasa kesulitan dan jenuh.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ashlach

Publisher

Subject

Religion Education Social Sciences Other

Description

Ashlach : Journal of Islamic Education (p-ISSN: 2988-1277, e-ISSN: 2988-1285) is a biannually published journal in April and October. This journal was published by Program Studi S1 Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Agama Islam Salahuddin Pasuruan Indonesia. This journal is intended as a vehicle ...