Penguatan karakter Islami pada anak usia sekolah dasar merupakan kebutuhan mendesak di tengah arus globalisasi dan degradasi moral yang melanda generasi muda. Kegiatan pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk menginternalisasi nilai-nilai Islami melalui pembelajaran Mahfudzat di SDN 1 Ngindeng, Ponorogo. Program dilaksanakan selama bulan Juni 2025 oleh tim dosen dan mahasiswa Universitas Darussalam Gontor dengan pendekatan community-based yang melibatkan guru dan siswa secara aktif. Metode yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan tahapan persiapan, pelaksanaan, evaluasi, dan pelaporan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, serta pre-test dan post-test terhadap 20 siswa. Hasil menunjukkan adanya peningkatan signifikan dalam lima aspek karakter Islami: disiplin, tanggung jawab, jujur, sopan santun, dan motivasi belajar, dengan rata-rata peningkatan skor sebesar 20–23 poin. Selain itu, terjadi perubahan perilaku positif siswa dalam kehidupan sehari-hari. Penguatan nilai melalui Mahfudzat terbukti efektif sebagai sarana pendidikan karakter yang aplikatif dan dapat direplikasi di sekolah dasar lainnya.
Copyrights © 2025