Indonesian Health Journal
Vol. 4 No. 2 (2025): INHEALTH JOURNAL

Pengaruh Waktu Tunggu Pelayanan Resep Obat Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien di Apotek Rawat Jalan RSUD Kabupaten Barru

Sulfiana, Nana (Unknown)
Safaruddin (Unknown)
Sari, Putri Indah (Unknown)
Burhanuddin, Habiburrahim (Unknown)
Yustisi, Andi Juaella (Unknown)
Suhenro (Unknown)
Jumardin, Wahyuddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2025

Abstract

Pelayanan kefarmasian yang cepat dan efisien menjadi salah satu indikator penting dalam menilai kualitas layanan rumah sakit. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh waktu tunggu pelayanan resep obat terhadap tingkat kepuasan pasien di Apotek Rawat Jalan RSUD Kabupaten Barru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasional. Sampel berjumlah 85 responden dipilih secara random dari pasien rawat jalan, dan data dikumpulkan melalui kuesioner serta observasi waktu tunggu menggunakan stopwatch. Hasil analisis regresi linear sederhana menunjukkan adanya pengaruh negatif dan signifikan antara waktu tunggu dengan kepuasan pasien (p < 0,05) dengan kontribusi sebesar 7%. Semakin lama waktu tunggu, maka semakin rendah kepuasan pasien. Penelitian ini merekomendasikan optimalisasi sistem pelayanan resep untuk meningkatkan kepuasan pasien secara menyeluruh. Kata kunci: waktu tunggu, kepuasan pasien, apotek rawat jalan, RSUD

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

inhealth

Publisher

Subject

Dentistry Health Professions Medicine & Pharmacology Nursing Public Health Veterinary

Description

Welcome to the official INHEALTH: Indonesian Health Journal website. INHEALTH: Indonesian Health Journal has the content of research results and reviews in the field of selected studies covering various branches of health science. This journal is published Twice (2 Kali) within a year of February ...