Penelitian ini dilatarbelakangi oleh menurunnya karakter religius peserta didik di boarding school, seperti kedisiplinan rendah, perilaku negatif, tutur kata yang tidak sesuai norma agama, dan kurangnya kesadaran spiritual. Sebagai solusi, SMPIT Al-Ukhuwah Boarding School Pagaden mengimplementasikan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk membentuk karakter religius siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui desain, proses, evaluasi, dan hasil dari pembelajaran PAI tersebut. Penelitian dilakukan dengan pendekatan kualitatif deskriptif-naturalistik. Hasilnya menunjukkan bahwa desain program mencakup tujuan, indikator karakter religius, kurikulum, metode, dan evaluasi. Proses pembelajaran mencakup tiga tahap: transaksi nilai, internalisasi, dan implementasi nilai dalam aspek akidah, ibadah, dan akhlak. Evaluasi dilakukan melalui monitoring, pencatatan, penilaian, penindakan, dan refleksi. Hasilnya menunjukkan pembentukan karakter al-rahmah, al-am?nah, al-taw?dhu’, al-sakh?’, al-shabr, dan al-‘adl. Faktor pendukung pembelajaran adalah kualitas SDM, fasilitas, dukungan lembaga, program khusus, serta teknologi. Sementara faktor penghambat meliputi lokasi, pergantian SDM, keterbatasan fasilitas, dan keragaman latar belakang siswa. Kesimpulannya, pembelajaran PAI terbukti efektif dalam membentuk karakter religius peserta didik di lingkungan boarding school.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025