Economica Didactica
Vol 6, No 1 (2025): Economica Didactica, 28 April 2025

Pengaruh Efikasi Diri dan Lingkungan Keluarga Terhadap Minat Menjadi Guru pada Mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala

Musfiana, Musfiana (Unknown)
Husna, Asmaul (Unknown)
Ulvia, Rina (Unknown)
Fuadi jaya, Alfi Syahril (Unknown)
Abdul Majid, Ruaida (Unknown)



Article Info

Publish Date
19 Aug 2025

Abstract

Minat merupakan faktor yang penting dalam menentukan pilihan karier seseorang, termasuk dalam profesi sebagai guru. Faktor efikasi diri dan lingkungan keluarga memiliki peran signifikan dalam membentuk minat seseorang untuk menjadi pendidik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh efikasi diri dan lingkungan keluarga terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini diperoleh sebanyak 76 mahasiswa dengan menggunakan rumus slovin. Teknik pengumpulan data menggunakan penelitian kepustakaan dan penelitian lapangan. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda, koefisien determinasi dan uji t dan uji F. Berdasarkan hasil deskripsi efikasi diri diperoleh nilai 4,14 yang tergolong dalam kategori tinggi, deskripsi lingkungan keluarga diperoleh nilai 4,40 yang tergolong dalam kategori sangat tinggi, dan minat menjadi guru diperoleh nilai 4,33 yang tergolong dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan uji simultan menunjukan efikasi diri dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru yang dibuktikan dengan nilai f hitung f tabel(50,413 3,12). Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa efikasi diri dan lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat menjadi guru pada mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi FKIP Universitas Syiah Kuala

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JED

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Social Sciences Other

Description

The Journal of Economica Didactica offers original articles on teaching economics. In its pages, leading scholars evaluate innovations in teaching techniques, materials, and programs. Instructors of introductory through graduate level economics will find the journal an indispensable resource for ...