Jurnal Prakarsa Paedagogia
Vol 8, No 1 (2025): Vol. 8. No 1 (2025): Juni 2025

Studi Korelasi Fasilitas Kuliah Ergonomis dan Motivasi Belajar

utami, ferisa prasetyaning (Unknown)
Rosyidah, Hani (Unknown)
Hananto, Ipung (Unknown)
Setiyawati, Tri Retno (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Aug 2025

Abstract

Kegiatan perkuliahan adalah proses pendidikan yang fundamental bagi mahasiswa. Keberhasilan perkuliahan didukung adanya motivasi belajar sebagai energi untuk mendapatkan hasil yang optimal. Salah satu motivasi belajar yang berperan adalah motivasi ekstrinsik yang berasal dari kondisi lingkungan. Sarana perkuliahan yang ergonomis merupakan salah satu elemen penting lingkungan belajar. Penelitian ini adalah penelitian korelasional untuk menguji ada tidaknya hubungan antara sarana perkuliahan ergonomis dengan motivasi belajar mahasiswa. Sampel penelitian ini adalah mahasiswa di Universitas Tidar 292 menggunakan Teknik simple random sampling. Instrumen pengukuran menggunakan angket sarana perkuliahan ergonomis dan skala motivasi belajar. HasilĀ  uji korelasi Pearson Product-Moment menunjukkan bahwa nilai signifikansi 0,000 0,05 yang artinya terdapat hubungan positif yang signifikan antara sarana perkuliahan ergonomis dengan motivasi belajar. Nilai koefisien sebesar 0,420 yang artinya hubungan kuat yang positif. Semakin baik sarana perkuliahan ergonomis, maka semakin tinggi tingkat motivasi belajar siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JKP

Publisher

Subject

Education

Description

iterbitkan sebagai media publikasi dan desiminasi hasil penelitian dan karya ilmiah di bidang Pendidikan baik dari Mahasiswa dan Dosen untuk memperkaya khasanah keilmuan pendidikan menuju tercapainya generasi emas ...