Penelitian yang akan dilakukan bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar dalam melakukan chest pass pada permainan bola basket melalui modifikasi aktivitas pembelajaran dengan menggunakan permainan kecil yang disebut "square passing". Metode yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus, di mana setiap siklus melibatkan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Subyek penelitian adalah siswa kelas VII A di SMPN 26 Surabaya yang berjumlah 30 orang. Hasil pada siklus I menunjukkan bahwa 8 siswa berhasil mencapai kategori baik, 11 siswa mencapai kategori cukup, sehingga total siswa yang tuntas sebanyak 19 orang, sementara 11 siswa lainnya belum tuntas dan masuk dalam kategori kurang. Pada siklus II, 2 siswa mencapai kategori sangat baik, 7 siswa berada di kategori baik, dan 14 siswa mencapai kategori cukup, sehingga total 23 siswa dinyatakan tuntas, sedangkan 7 siswa masih belum tuntas dengan kategori kurang. Nilai rata-rata siswa pada siklus I adalah 73%, dan meningkat menjadi 77% pada siklus II, menunjukkan peningkatan sebesar 4%. Tingkat ketuntasan belajar pada siklus I mencapai 63%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 77%, dengan peningkatan sebesar 14%. Berdasarkan hasil tersebut, disimpulkan bahwa modifikasi aktivitas pembelajaran melalui permainan kecil "square passing" efektif dalam meningkatkan hasil belajar chest pass dalam permainan bola basket, membuat proses pembelajaran lebih menarik dan menyenangkan.
Copyrights © 2024