IPSSJ
Vol. 2 No. 03 Agustus (2025): Integrative Perspectives of Social and Science Journal

PEMBELAJARAN MARWAS MENGGUNAKAN METODE JIGSAW PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII-3 DI SMP NEGERI 2 TIBAWA

Mohammad Yanuar Nurfazhri Bilondatu (Unknown)
La Ode Karlan (Unknown)
Trubus Semiaji (Unknown)
Mimy A. Pulukadang (Unknown)
Rahamawati Ohi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Aug 2025

Abstract

Pembelajaran adalah proses belajar yang dibangun oleh guru untuk mengembangkan kreatifitas berpikir yang dapat meningkatkan kemampuan berpikir peserta didik serta kemampuan mengkontruksikan pengetahuan baru. Pembelajaran merupakan upaya meningkatkan penguasaan yang baik terhadap materi pelajaran. Selain itu, pembelajaran sangat berperan dalam mengembangkan bakat dan membentuk sikap peserta didik. Namun, kenyataan yang ada bahwa proses pembelajaran lebih cenderung pada pembelajaran non-praktikal sehingga peserta didik hanya fokus pada penjelasan guru dan kurang mendapat pengalaman praktikal. Oleh karena itu, pada penelitian ini dilakukan penerapan metode Jigsaw untuk mengupayakan keterlibatan peserta didik agar dapat meningkatkan keterampilan peserta didik dalam bermain alat musik. Tujuan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembelajaran Marwas menggunakan metode Jigsaw pada peserta didik kelas VIII-3 di SMP Negeri 2 Tibawa. Metode. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran Jigsaw. Hasil. Penelitian dilakukan selama 8 pertemuan pembelajaran dengan 2 kali evaluasi. Evaluasi pertama yaitu eveluasi dalam bentuk ujian tulis memperoleh hasil bahwa terdapat 24 peserta didik yang memenuhi kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata 82,54. Kemudian pada evaluasi kedua yakni berupa ujian praktik, ada sebanyak 24 peserta didik memenuhi kriteria ketuntasan dengan nilai rata-rata 91. Kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Jigsaw dalam membelajarkan alat musik tradisional Marwas dapat meningkatkan rata-rata hasil belajar Seni Musik peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ojs

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Public Health Social Sciences

Description

Integrative Perspectives of Social and Science Journal (IPSSJ) dengan E-ISSN 3064-4011 merupakan sebuah jurnal ilmiah nasional yang mempublikasikan artikel hasil penelitian multidisiplin di berbagai bidang ilmu, seperti ilmu sains, teknik, pendidikan, ilmu sosial humaniora, bahasa/linguistik, ...