KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 3 No. 1 (2025): MEI 2025

INOVASI PEMBELAJARAN PAI DALAM MEMBENTUK KREATIVITAS PESERTA DIDIK (STUDI KASUS DI SDN GALUNGGUNG TASIKMALAYA)

Fiana, Alisya Lutfiana (Unknown)
Yanto Maulana Restu (Unknown)
Neni (Unknown)
Lutfy Husnian Zaini (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 May 2025

Abstract

Artikel ini akan membahas tentang inovasi pembelajaran PAI dalam membentuk kreativitas peserta didik. Pokok bahasannya meliputi model atau metode pembelajaran, gaya belajar, tantangan yang dihadapi, fasilitas pendukung dan evaluasi akhir pembelajaran. Dalam metode pembelajaran menerapkan sistem pembelajaran yang berbasis problem solving, proyek based learning dan pembelajaran diferensiasi untuk meningkatkan ide-ide kreativitas peserta didik khususnya dalam konteks keagamaan. Penggunaan multimedia visual, auditori dan kinestetik, praktek ibadah merupakan gaya belajar yang diakomodasikan. Untuk tantangannya meliputi keterbatasan waktu pembelajaran, kemampuan peserta didik yang beragam dan kurangnya minat anak. Fasilitas pendukung yang difasilitasi yaitu penambahan jam pembelajaran PAI. Evaluasi akhir melalui hasil penilaian PTS dan asesmen evaluasi praktek.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

kamaliyah

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

KAMALIYAH : Jurnal Pendidikan Agama Islam ISSN : 2987-6710 (Media Online) adalah jurnal ilmiah Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah, Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Miftahul Huda Subang Jawa Barat, yang pertama kali diterbitkan pada tahun 2023. Berkenaan dengan perkembangan ...