Computer and Informatics Education Review
Vol 7 No 01 (2025): Computer and Informatics Education Review, Juny

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN INFORMATIKA KELAS X DI SMK NEGERI 7 KOTA BENGKULU

Elvina, Elismi (Unknown)
Mesterjon, Mesterjon (Unknown)
Yul, Fadlul Amdhi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Aug 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran informatika kelas X Perhotelan di SMK Negeri 7 Kota Bengkulu. penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode penelitian ini yaitu menggunakan pretest dan posttest berisi soal yang berkaitan materi microsoft excel. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Perhotelan 4 SMK Negeri 7 Kota Bengkulu sebanyak 34 siswa. sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh. teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan uji T (paired sapel t-test). hasil yang diperoleh dalam penelitian ini menunjukkan terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif terhadap hasil belar siswa kelas X Perhotelan 4 pada mata pelajaran informatika. hal ini menunjukkan nilai rata-rata sebelum dilakukan perlakuan model pembelajaran kooperatif menjadi 85,147. hasil uji T menunjukkan nilai t hitung > t tabel (14.190 > 1,692), maka Ho ditolah dan Ha diterima artinya terdapat pengaruh yang signifikan antara model pembelajaran kooperatif dengan hasil belajar siswa kelas X Perhotelan 4 pada mata pelajaran informatika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

cier

Publisher

Subject

Education Mathematics Other

Description

Computer and Informatics Education Review - CIER a peer-reviewed and open-access journal published by the Faculty of Education and Teacher Training Universitas Dehasen Bengkulu in associated with Budapest International Research and Critics University (BIRCU) Publisher. CIER scoped in Computer ...