Penelitian Tindakan Kelas ini bertujuan untuk meningkatkan minat, partisipasi, dan pemahaman siswa kelas tujuh dalam mempelajari teks deskriptif di SMP Negeri 1 Kisaran dengan menerapkan pendekatan Culturally Responsive Teaching (CRT) berbantuan media puzzle berbasis kearifan lokal. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui kuesioner, lembar observasi, dan tes formatif, dianalisis menggunakan persentase peningkatan dan N-Gain. Hasil menunjukkan peningkatan yang stabil di semua indikator: minat belajar meningkat dari 63% (pra-tindakan) menjadi 74% (Siklus I) dan 86% (Siklus II); partisipasi aktif meningkat dari 54% menjadi 91%; dan nilai tes rata-rata meningkat dari 61,88 menjadi 84,38, dengan N-Gain 0,58 (sedang). Temuan ini menunjukkan bahwa CRT yang dikombinasikan dengan media puzzle yang relevan secara budaya menciptakan lingkungan belajar yang lebih menarik dan kontekstual, yang secara signifikan meningkatkan motivasi, keterlibatan, dan pemahaman siswa terhadap teks deskriptif.
Copyrights © 2025