Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dinamika pembelajaran kolaboratif dalam kelompok mahasiswa. Pendekatan penelitian ini mengumpulkan data melalui studi literatur, yang melibatkan pembacaan literatur dari berbagai sumber termasuk buku, laporan, artikel, dan jurnal dengan menggunakan pendakatan kualitatif dan deduktif. Temuan dalam penelitian ini adalah pembelajaran kolaboratif dalam kelompok mahasiswa terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep, kemampuan pemecahan masalah, komunikasi dan kerja sama, serta keterlibatan mahasiswa dalam proses belajar. Selain itu, Peran dosen sebagai fasilitator juga sangat penting dalam membimbing dinamika kelompok dan memastikan tercapainya tujuan pembelajaran. Meski demikian, tantangan seperti ketimpangan kontribusi, konflik kelompok, koordinasi waktu, dan evaluasi individu masih sering muncul. Untuk mengatasi hal tersebut, strategi seperti pembagian peran yang jelas, pengelolaan perbedaan gaya belajar, pemberian tugas yang menantang, penggunaan teknologi kolaboratif, serta pemantauan proses kolaboratif secara berkelanjutan perlu diterapkan guna meningkatkan efektivitas dan keberhasilan pembelajaran kolaboratif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025