Lembaga pendidikan sangat berperan penting di Indonesia, biasanya Pendidikan dapat diperoleh lewat jalur sekolah. Melalui sekolah para peserta didik memiliki kesempatan untuk mempelajari berbagai mata pelajaran baik umum maupun agama di bawah bimbingan guru masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan Jum’at Taqwa sebagai upaya dari pada pencegahan paham radikalisme pada siswa kelas VII SMP Islam Al-Husna yang berlokasi di Kampung. Pasir Nangka, Kecamatan. Tigaraksa, Kabupaten. Tangerang, Provinsi. Banten. Adapun metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini yaitu kualitatif, yang dimana metode ilmiah ini menitikberatkan pada pengamatan terhadap kehidupan sosial di lingkungan tertentu, menggunakan interaksi langsung dengan individu terkait, dan memahami istilah-istilah sesuai budaya serta konteks sosial mereka. Pelaksanaan kegiatan Jum’at Taqwa di SMP Islam Al-Husna dirancang sebagai aktivitas rutin setiap hari Jum’at yang bertujuan untuk meningkatkan pemahaman agama yang benar, mempromosikan toleransi antar umat beragama, serta menumbuhkan kesadaran akan bahaya radikalisme. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kegiatan ini memberikan dampak positif dalam membangun wawasan keagamaan siswa yang lebih baik. Selain itu, upaya ini dinilai efektif untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang mendukung kerukunan dan mencegah paham-paham ekstrem di kalangan pelajar. Faktor pendukung dari keberhasilan kegiatan ini meliputi dukungan yang diberikan oleh pihak sekolah, para guru, orang tua siswa, serta komunitas masyarakat setempat, yang semuanya berkontribusi untuk menciptakan lingkungan yang kondusif bagi pembelajaran nilai-nilai keagamaan dan kebangsaan.
Copyrights © 2025