Penelitian ini dilaksanakan untuk mengetahui persepsi guru pamong mengenai kompetensi mahasiswa PLP universitas PGRI Jombang yang suatu saat bisa dijadikan bahan evaluasi agar mahasiswa bisa mengajar lebih baik kedepannya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif Kuantitatif. Subjek dalam penelitian ini ialah semua guru pamong yang mengajar pendidikan jasmani yang terdapat di SMA se-Kecamatan Jombang. Subjek tersebut berjumlah 12 guru pamong pendidikan jasmani, yang dimana sekolahnya terdapat mahasiswa PLP se-Kecamatan Jombang di 7 sekolahan yang berbeda. Penelitian ini memakai angket sebagai instrumen Hasil penelitian berdasarkan beberapa kompetensi yang harus dimiliki oleh kompetensi mahasiswa PLP prodi pendidikan jasmani yaitu kompetensi pedagogik masuk dalam kategori baik dengan jumlah skor 84%, kompetensi kepribadian masuk dalam kategori sangat baik dengan jumlah skor 88%, kompetensi sosial masuk dalam kategori sangat baik dengan jumlah skor 100%, dan kompetensi professional masuk dalam kategori baik dengan jumlah skor 83%. Dengan demikian, kompetensi mahasiswa PLP prodi pendidikan jasmani menunjukkan hasil secara keseluruhan dengan kategori sangat baik sebesar 88,76%. Penelitian lanjutan diharapakan dapat lebih terfokus kepada perbaikan pada tiap indikator kompetensi seperti kreatifitas pembelajaran dengan media yang inovatif baik di dalam kelas maupun di luar kelas, agar kualitas mahasiswa PLP prodi pendidikan jasmani dan output yang dihasilkan setelah lulus lebih baik lagi.
Copyrights © 2025