QOUBA : Jurnal Pendidikan
Vol 1 No 2 (2025): 2025

Dampak Pembelajaran Daring terhadap Anak Sekolah Dasar pada Masa Pandemi Covid-19 di daerah Rokan Hulu

Hanifah, Sayyidah (Unknown)
Zaimar, Syam (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Mar 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan secara mendalam dampak pembelajaran daring terhadap siswa sekolah dasar di Kabupaten Rokan Hulu selama masa pandemi Covid-19, mencakup aspek akademik, sosial, dan psikologis. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, data dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi yang melibatkan siswa, orang tua, dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran daring memberikan fleksibilitas dan mendorong pemanfaatan teknologi, keterbatasan perangkat, akses internet, dan literasi digital menjadi hambatan signifikan. Dampak negatif terlihat pada penurunan motivasi belajar, terbatasnya interaksi sosial, serta tekanan psikologis pada siswa dan orang tua. Strategi adaptasi yang dilakukan meliputi penggunaan media visual, pembelajaran sinkron dan asinkron, penyediaan materi cetak, dan penguatan peran orang tua. Temuan ini menegaskan perlunya penguatan infrastruktur, peningkatan kompetensi digital guru, dan kebijakan pendidikan yang inklusif untuk membangun model pembelajaran tangguh yang responsif terhadap situasi darurat di masa depan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

quoba

Publisher

Subject

Education Social Sciences

Description

QOUBA: Jurnal Pendidikan with e-ISSN 3089-2430 p-ISSN 3089-2449. is a peer-reviewed open access journal and follows a single-blind review policy. Scientific articles in QOUBA: Education Journal are the results of original research, conceptual ideas, and current studies within the scope of Education, ...