Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kesiapan guru dalam mengimplementasikan perangkat pembelajaran berdasarkan Kurikulum Merdeka. Penelitian ini memberikan gambaran tentang apa yang dilakukan dan dipersiapkan oleh guru selama proses implementasi kurikulum Mandiri di sekolah. Penelitian ini dilakukan di UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif deskriptif. Data penelitian ini diperoleh melalui observasi, kuesioner, wawancara dan studi dokumen. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa kesiapan guru bahasa Inggris dalam mengimplementasikan kurikulum Merdeka dapat dilihat dari: Guru memanfaatkan perangkat pembelajaran terkait dengan pemahaman implementasi kurikulum Merdeka; Guru belajar lebih banyak tentang persiapan dan perencanaan proses pembelajaran; Pada tahap pelaksanaan pembelajaran, guru telah mengimplementasikan media instruksi kurikulum Mandiri; Ketersediaan sarana dan prasarana mendukung proses implementasi perangkat pembelajaran kurikulum Merdeka. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa guru bahasa Inggris di UPTD SMP Negeri 4 Gunungsitoli berusaha semaksimal mungkin untuk mempersiapkan implementasi kurikulum Merdeka di sekolah.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025