SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal
Vol. 3 No. 2 (2025): Juli 2025

MENANAMKAN KARAKTER CINTA LINGKUNGAN SEJAK DINI MELALUI DRAMA EDUKATIF “SAHABAT BUMI YANG HEBAT”

Azizah, Annafi’ Nurul ‘Ilmi (Unknown)
Zahra, Tazqia Atiqatus (Unknown)
Zahwa, Najwa Putri (Unknown)
Nuruddin, Muthi’ah Amelia (Unknown)
Saputri, Rizki Alifiana (Unknown)
Putri, Selvia Fernanda (Unknown)
Fadhilah, Farah (Unknown)
Muslimah, Sofi Umi (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Jul 2024

Abstract

Mengembangkan sikap peduli terhadap lingkungan pada anak-anak sangat penting dalam membangun generasi yang bertanggung jawab terhadap bumi. Hal ini bertujuan untuk menumbuhkan rasa cinta lingkungan pada anak usia dini melalui pertunjukan seni peran berjudul “Sahabat Bumi yang Hebat” di BA Aisyiyah 2 Sukoharjo. Berbeda dari metode konvensional, pementasan seni peran ini diperankan sebagai bentuk seni peran yang berfungsi menyampaikan pesan moral dengan cara yang menarik dan visual. Metode yang digunakan adalah persiapan kegiatan, observasi awal dan identifikasi kebutuhan, pelaksanaan dan pementasan drama, refleksi dan evaluasi. Anak-anak dilibatkan sebagai penonton yang aktif, diajak untuk berdiskusi dan berefleksi setelah pertunjukan selesai. Hasilnya menunjukkan bahwa seni peran yang ditampilkan mampu menarik perhatian anak-anak, meningkatkan kesadaran mereka tentang pentingnya melindungi lingkungan, serta mendorong sikap dan perilaku peduli terhadap bumi. Oleh karena itu, seni peran yang dilakukan oleh guru menjadi alat belajar yang efektif dalam menanamkan cinta lingkungan pada anak-anak sejak dini dengan cara yang menyenangkan dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

SCSEJ

Publisher

Subject

Humanities Education Social Sciences Other

Description

SUBSERVE: Community Service and Empowerment Journal is concerned and published articles related to the practice and processes of community service and empowerment. Every article published is expected to provide insights and inspire activities elsewhere on related ...