Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar matematika siswa kelas VII-1 SMP Negeri 6 Denpasar melalui penerapan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) pada materi kesebangunan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah 39 siswa. Data dikumpulkan menggunakan angket minat belajar, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Pada pra siklus, data menunjukkan bahwa 64,29% siswa berada dalam kategori minat belajar "Sangat Kurang Baik". Setelah penerapan PjBL pada siklus I, tidak ada lagi siswa yang berada pada kategori rendah, namun sebagian besar (67%) masih berada dalam kategori "Cukup Baik". Perbaikan tindakan di siklus II menghasilkan peningkatan signifikan, dengan 30,8% siswa masuk kategori "Sangat Baik" dan 46,2% siswa berada dalam kategori "Baik". Secara keseluruhan, 77% siswa mencapai indikator keberhasilan, yang menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis proyek (PjBL) efektif dalam meningkatkan minat belajar siswa
Copyrights © 2025