Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)
Vol. 15 No. 2 (2025): Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP)

PENERAPAN PROBLEM BASED LEARNING BERBASIS DISKUSI KELOMPOK REFLEKTIF-KRITIS UNTUK MENINGKATKAN MINAT DAN HASIL BELAJAR SISWA

Rulianto (Unknown)
Suadnyana, Kadek Nova (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Aug 2025

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa kelas XI.10 SMA Negeri 8 Denpasar pada materi Proklamasi Kemerdekaan Indonesia melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) berbasis diskusi kelompok reflektif-kritis. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang mencakup tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian berjumlah 45 siswa. Data dikumpulkan melalui observasi, tes, dan dokumentasi, serta dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan baik dari segi minat belajar maupun hasil belajar siswa. Ketuntasan hasil belajar siswa meningkat dari 31% pada kondisi awal menjadi 58% pada siklus I, dan mencapai 93% pada siklus II. Rata-rata nilai juga mengalami peningkatan dari 70,6 menjadi 83,36. Selain itu, minat belajar siswa meningkat dari kategori rendah menjadi sangat tinggi. Penerapan model PBL berbasis diskusi reflektif-kritis terbukti efektif dalam menciptakan pembelajaran sejarah yang lebih aktif, kontekstual, dan bermakna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JSP

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Santiaji Pendidikan (JSP) adalah jurnal yang memuat publikasi berupa hasil penelitian dan kajian pustaka dalam bidang pendidikan. JSP diterbitkan sejak Januari 2011 oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mahasaraswati Denpasar. JSP terbit dua kali setahun pada bulan Januari, ...