Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui untuk mengetahui pengaruh supervisi akademik dan komitmen guru terhadap mutu pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Gunung Talang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian korelasional. Populasi yang terlibat adalah sebanyak 352 orang guru di SD Negeri Kecamatan Gunung Talang Kabupaten Solok. Teknik pengambilan sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah Simple Random Sampling atau sampel acak sederhana. Sampel yang digunakan dalam riset ini berjumlah 78 orang guru di SD Negeri yang ada di Kecamatan Gunung Talang. Instrumen penelitian yang digunakan dalam pengumpulan data dari ketiga variabel ini adalah angket. Nilai butir pernyataan angket uji coba masing-masing variabel dilakukan uji validitas dan uji reliabelitas dengan nilai taraf signifikansi 0,05 (5%). Selanjutnya teknik pengumpulan data yang digunakan ialah penyebaran angket kepada responden yang tergolong sebagai sampel penelitian. Angket yang digunakan adalah angket tertutup. Untuk menganalisis data peneliti menggunakan teknik analisis dengan cara melakukan uji asumsi klasik sebagai uji prasyarat, kemudian melakukan regresi linear dan regresi berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Supervisi Akademik berpengaruh signifikan terhadap mutu pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Gunung Talang. 2) Komitmen guru berpengaruh signifikan terhadap mutu pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Gunung Talang. 3) Supervisi Akademik dan komitmen guru secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap mutu pembelajaran di SD Negeri Kecamatan Gunung Talang.
Copyrights © 2025