Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 5 (2025): Irje 2025

Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran Prakarya Kelas VIII di SMP Negeri 6 Oku

Adesti, Anita (Unknown)
Vidianti, Ade (Unknown)
Yunarti, Yelmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Sep 2025

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran interaktif pada mata pelajaran Prakarya Kelas VIII di SMP Negeri 6 OKU. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan ( Research and Development). Model yang digunakan model prosedural dengan teknik pengumpulan data berupa angket. Data hasil penelitian dianalisa dengan menggunakan rumus persentase. Berdasarkan hasil penelitian evaluasi dari ahli media di peroleh rata-rata persentase 79% dengan kategori Baik, ahli desain dengan persentase 82% dengan Kategori Baik, dan ahli materi dengan persentase 88% dengan kategori Baik Sekali. Kemudian dilanjutkan dengan evaluasi orang per orang yang berjumlah 3 peserta didik diperoleh rata-rata persentase 90,97% dengan kategori Baik sekali, evaluasi kelompok kecil yang berjumlah 6 peserta didik diperoleh rata-rata persentase 89,2% dengan kategori Baik Sekali, dan uji coba lapangan yang berjumlah 20 peserta didik diperolah rata-rata persentase 88,3% dengan kategori Baik Sekali. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menyatakan media pembelajaran interaktif layak untuk digunakan pada mata pelajaran Prakarya Kelas VIII

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...