Urgensi penelitian ini terletak pada perlunya pengembangan modul berbasis STEM pada materi ekosistem untuk peserta didik fase E tingkat SMA/MA agar pembelajaran menjadi lebih menarik, aplikatif, dan mampu mengembangkan keterampilan berpikir kritis, kreatif, serta pemecahan masalah yang sangat dibutuhkan dalam menghadapi tantangan abad 21. Di SMA Negeri 3 Padang, keterbatasan buku paket serta tidak tersedianya modul pembelajaran yang lengkap menyebabkan peserta didik mengalami kesulitan dalam memahami materi secara mandiri dan sistematis. Modul yang digunakan selama ini bersifat internal dan belum memenuhi kelengkapan komponen sebagai bahan ajar yang ideal. Salah satu pendekatan yang relevan dalam pengembangan bahan ajar adalah Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM), khususnya pada materi ekosistem, karena dapat mendorong keterlibatan peserta didik dalam mengamati, menganalisis, serta merancang solusi terhadap permasalahan kontekstual di lingkungan sekitarnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul cetak berbasis STEM pada materi ekosistem untuk peserta didik Fase E tingkat SMA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate), namun dibatasi hanya sampai tahap Develop.  Teknik pengumpulan data yaitu dengan menyebarkan angket. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini meliputi angket validitas dan angket praktikalitas. Uji validitas dilakukan oleh dua orang dosen ahli materi dan ahli media, sedangkan uji kepraktisan melibatkan satu guru biologi serta 35 peserta didik kelas X. Analisis data dari angket validitas yang diisi oleh dosen Hasil validasi oleh dosen .menunjukkan bahwa modul yang dikembangkan memiliki tingkat validitas sangat tinggi dengan persentase sebesar 97,70%. Kepraktisan modul juga dinilai sangat praktis oleh guru (97,14%) dan peserta didik (88,51%). Modul ini juga memuat keterpaduan lintas disiplin yang mendukung penguatan keterampilan berpikir kritis dan pemecahan masalah. Dengan demikian, modul cetak berbasis STEM ini dinyatakan sangat valid dan praktis sebagai bahan ajar pada materi ekosistem di tingkat SMA.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025